Sunday, March 8, 2015

Langkah-langkah Mengoptimalkan RAM pada PC atau Laptop

Random Access Memory atau lebih umum disebut RAM mungkin sudah Anda kenal sejak pertermuan pertama Anda dengan PC. RAM merupakan sebuah memory utama yang digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Fungsi adanya perangkat ini tidak lain adalah sebagai pendukung bagi processor untuk melakukkan segala proses komputing. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat dengan kinerja komputer.

Mungkin sebelumnya Anda pernah mengalami, RAM Anda sudah lumayan besar namun kinerja dari perangkat komputer masih belum memenuhi keinginan. Mungkin Anda perlu melakukan beberapa optimasi pada RAM. Penulis telah melakukan beberapa langkah sederhana yang ternyata mampu meningkatkan proses kinerja RAM pada perangkat Anda.


Gunakan Task Manager


Untuk mengakses Task Manager di pernagkat komputer anda (khususnya bagi pengguna WIndows 7, anda dapat menekan tombol Ctrl+Shift+Esc pada keyboard atau dengan klik kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager. Tampilan jendela Task Manager akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Task Manager

Salah satu cara yang cukup simple adalah dengan menggunakan Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat computer Anda. Lewat Task Manager Anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer Anda. Selain itu, hampir keseluruhan dari sistem operasi baik windows maupun unix mampu melakukan sorting dari urutan penggunaan RAM terbesar hingga yang terkecil.

Disable Startup Apps


Men-disable aplikasi startup merupakan langkah yang Advanced setelah anda memantau seluruh proses pada perangkat komputer anda. Aplikasi startup merupakan aplikasi yang otomatis berjalan saat PC/Laptop dihidupkan. Semakin banyak proses yang berjalan proses juga akan semakin berat dan lambat. 

Lakukanlah disable startup dengan menggunakan Task Manager, pilih pada tab startup (bagi pengguna Windows 8) atau menggunakan msconfig jikan anda pengguna Windows 7, dengan menekan tombol di keyboard Win+R lalu kketik "msconfig".

Task Manager - Startup
msconfig

Aplikasi Pihak Ketiga



Pilihan aplikasi ini digunakan tidak lain untuk mempercepat kinerja RAM, namun Aplikasi yang harus anda gunakan juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Misalkan saja pada beberapa Antivirus yang sekaligus digunakan untuk tweak, namun anda melakukan install aplikasi lagi untuk melakukan booster. Saat ini untuk aplikasi pihak ketiga, penulis menggunakan CCleaner pada Windows. Pilihan ini bukanlah yang terbaik, dan Anda bisa memilih selain dari keduanya.

Demikianlah info dan sharing saya pada posting kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua dan selamat mencoba. Terima Kasih telah berkunjung ke Emefha Trick.

Artikel Terkait

Langkah-langkah Mengoptimalkan RAM pada PC atau Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email